Save page di Firefox

Fitur save as bawaan di firefox masih memiliki beberapa kekurangan dalam menyimpan halaman situs web. untuk beberapa halaman yang menggunakan serverside seperti PHP atau ASP dan clientside seperti Javascript kadang kala fasilitas save as ini sering tidak dapat melakukan penyimpanan dengan sempurna.
Misalnya situs yang memakai cms wordpress kadang waktu disimpan akan menampilkan tulisan. Sebegai contoh saya coba menyimpan situs http://lombokku.com milik pak blunapit (bluenavid), maka akan muncul tulisan sebagai berikut

"Download error: ....... could not be saved, because the source file could not be read.Try again later, or contact the server administrator."

berdasarkan pengalaman pribadi :-), hal ini bisa diatasi dengan menggunakan plugin: save complete
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/4723
Kita juga bisa menyimpan semua gambar, css secara utuh, flash dll.
Selain itu, untuk menyimpan halaman website juga dapat add-on lain yaitu: ScrapBook
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/427
Dengan ini dapat menyimpan dan melihat sebuah halaman secara offline dan mengaturnya dalam dalam bentuk folder-folder seperti bookmark. Adapun kelebihan lainnya, halaman yang akan disimpan terlebih dahulu dapat diedit sesuai dengan keinginan.


Sebagian dari kita mungkin kadang ingin menyimpan tampilan halaman web dalam bentuk gambar. Untuk yang satu ini anda dapat menggunakan plugin: Screengrab
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1146
berikut contoh hasil menyimpan dengan screengrab dengan mode complete page/frame
pada waktu proses menyimpan anda bisa memilih menyimpan seluruh halaman, window, bagian terpilih (section), dan frame. Anda juga menyimpannya ke dalam file atau ke clipboard.